Saya bertanya kepada seorang pelari jarak jauh apa yang dia pikirkan saat berlari selama berjam-jam.

Dia menjawab dengan sederhana, “Ketika saya berlari, saya berlari.”

“Jadi kamu tidak memikirkan apa-apa?” Saya bertanya.

“Bisa dibilang begitu. Saya sadar akan ritme pernapasan saya, langkah kaki saya yang menghentak di jalan dan rute yang saya ikuti. Selain itu, saya hanya punya satu fokus dan itu adalah terus berlari. Jika saya mencoba untuk mengatasi masalah atau memikirkan kegiatan lain, saya akan terganggu dari berlari. Kemudian saya berisiko kehilangan ritme, tersandung dan jatuh.”

“Bagaimana Anda mempelajari ini, atau apakah itu terjadi secara alami?”

“Itu datang seiring waktu, tetapi dengan latihan. Semakin saya berlari dan semakin jauh saya menambahkan, semakin saya menemukan bahwa melepaskan semua pikiran membantu kinerja dan daya tahan saya. Saya pelari yang lebih baik ketika saya tidak memikirkannya .”

“Menarik,” kata saya, “Sepertinya Anda sedang bermeditasi, melepaskan pikiran sadar Anda untuk membiarkan pikiran bawah sadar Anda mengambil alih.”

“Ya,” kata si pelari. “Memang seperti itu. Yang menarik adalah bahwa saya sering memiliki beberapa terobosan kreatif terbaik saya atau ide pemecahan masalah setelah jangka panjang. Tampaknya ketika kita bisa menyingkirkan pikiran sadar kita untuk sementara waktu, kita membebaskan pikiran kita. otak untuk melakukan pekerjaan nyata.”

Pelari mulai berlari untuk olahraga teratur dan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraannya.

Seiring waktu, larinya berubah menjadi lebih dari sekadar olahraga sederhana. Dia menggunakan berlari sebagai kendaraan untuk meditasi, di mana dia menghilangkan semua pikiran dan gangguan lingkungan lainnya. Dalam keheningan mental saat berlari, ia menemukan kedamaian dan ketenangan yang luar biasa dan bonusnya, peningkatan kreativitas dan pemecahan masalah.

BACA JUGA  Lima Tips Ayurveda untuk Kulit Bercahaya

Sebagai seorang remaja yang mengambil pelajaran karate, saya belajar bermeditasi dengan duduk di pergelangan kaki saya yang disilangkan, menutup mata, dan berkonsentrasi untuk menghilangkan setiap pikiran sadar dari otak saya. Pada awalnya, ini sangat tidak nyaman. Rasa sakit di pergelangan kaki saya memiliki tujuan yang berguna dengan memberi saya hanya satu hal untuk fokus, tetapi itu harus pergi atau saya tidak akan menguasai hal meditasi ini.

Masalah dengan menghilangkan rasa sakit adalah saya tiba-tiba menyadari kebisingan sekitar dan, khususnya, kipas angin dipasang di dekat langit-langit gimnasium. Perlahan-lahan saya belajar untuk menutup semua pikiran dan suara lain dengan berkonsentrasi pada kipas angin. Kemudian suatu hari, suara kipas berhenti. Saya sepenuhnya menyadari suara yang hilang dan saya membuka satu mata untuk mengintipnya. Benar saja, kipasnya masih berputar. Aku tersenyum dan kembali ke pose meditasiku.

Sejak saat itu, saya belajar nilai dan kekuatan waktu hening untuk pikiran sadar. Sebut saja meditasi jika Anda suka, tetapi cara apa pun yang dapat Anda lakukan untuk menenangkan pikiran secara teratur akan membantu Anda mengisi ulang baterai dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis Anda. Anda tidak akan diganggu oleh tekanan dari pikiran yang terlalu banyak bekerja mencoba untuk memecahkan terlalu banyak masalah pada saat yang sama berurusan dengan rutinitas sehari-hari. Latih ini dan Anda akan segera belajar mematikan suara yang mengganggu.

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here