Ini adalah praktik introspeksi berusia dua ribu tahun – bagaimana mendengarkan diri sendiri. Beberapa menit dalam sehari Anda mendedikasikan diri untuk duduk dengan tenang, rileks, dan mengontrol pernapasan Anda. Cara untuk sepenuhnya “mengatur ulang” pikiran Anda, membuang ketakutan, ambisi, rencana, kewajiban, dan menemukan diri Anda sendiri.

Posisi

Pertama, duduk di tanah dengan cara bersila. Jangan duduk di kursi, tetapi Anda bisa menggunakan bantal jika merasa lebih mudah. Yang penting punggung Anda lurus. Posisi ini semi-canggung karena suatu alasan – untuk membantu Anda tidak tertidur.

Durasi

Meditasi rata-rata berlangsung 10 hingga 10 menit. Jangan menempatkan diri pada kerangka waktu yang tepat, cukup renungkan berapa banyak yang menurut Anda baik untuk Anda. Mungkin 5 atau 35 menit.

Pernapasan & Relaksasi

Yang penting santai. Mulailah dengan bernapas dalam-dalam karena ini membantu Anda untuk rileks. Bernapas sebagai fungsi tubuh dapat disadari dan tidak disadari. Kita tidak bisa seenaknya mempengaruhi detak jantung kita atau mengencerkan pembuluh darah kita. Di sisi lain kita bisa menggerakkan otot kita. Pernapasan terletak di tengah jalan, kita dapat mengaturnya dengan sukarela, tetapi jika kita tidak memikirkannya, maka fungsi ini dilakukan secara otomatis oleh otak (tidak sadar). Karena posisi tertentu (pertengahan antara sadar dan tidak sadar), pernapasan terkontrol dapat membantu kita untuk tenang, rileks dan memperlambat detak jantung kita. Mulailah latihan dengan bernapas dalam-dalam, dan setelah beberapa menit bernapaslah dengan normal. Cobalah bernapas dengan “perut” Anda, bukan dada.

Tempat untuk bermeditasi

Temukan tempat yang bagus, terpencil dan tenang untuk meditasi, dan buka mata Anda setengah terbuka. Mulailah meditasi dengan pernapasan dalam dan relaksasi. Selama dua menit pertama, Anda dapat menutup mata agar lebih mudah rileks, tetapi cobalah untuk tetap setengah terbuka selama menit-menit sesi yang tersisa.

BACA JUGA  Lepaskan dan Masuk ke Dalam

Di mana mencarinya

Saat mata Anda setengah terbuka, coba fokuskan pandangan Anda ke satu titik. Ini bisa berupa titik di dinding, rumput, batu di pantai, nyala lilin, pola di karpet, atau bayangan di ruangan tempat Anda bermeditasi.

Apa itu Mantra

Mantra adalah titik utama meditasi. Sebuah pemikiran di mana Anda harus memusatkan perhatian Anda, dan kemudian diulang secara berirama.

Sekolah meditasi yang berbeda menggunakan mantra yang berbeda. Mereka biasanya suara atau gambar, dan bisa internal dan eksternal. Contoh mantra eksternal dapat berupa suara uap atau setetes hujan. Mantra internal dapat berupa suara yang Anda ulangi dalam diri Anda (“oommm”).

Ketika Anda mulai bermeditasi dan mengulangi mantra, pikiran Anda akan mulai mengembara ke mana-mana. Kemudian Anda harus menyadari pikiran Anda dan kembali ke pengulangan mantra. Inti dari meditasi adalah mengembalikan pikiran Anda ke mantra. Jangan marah jika pikiran Anda mengembara karena itu benar-benar normal. Yang penting adalah menyadari bahwa ini hanya pikiran Anda – bukan Anda. Ini adalah ketakutan Anda, harapan, pikiran, kekhawatiran dan sejenisnya. Pada waktunya fokus Anda akan “dipertajam” dan Anda akan dapat menghabiskan lebih banyak waktu “terpusat” (fokus dengan mantra).

Dalam meditasi Zen, pernapasan digunakan sebagai Mantra. Itu tidak memiliki arti apa pun, tidak positif atau negatif, hanya templat sederhana yang Anda gunakan untuk “melihat”. Jangkar digunakan untuk menghentikan pikiran Anda dari berlayar. Mantra “memusatkan” Anda dalam arti bahwa Anda mengenali pikiran Anda dan Anda memutuskan hubungan dengan mereka selama sesi. Tujuan meditasi adalah hanya berada di sini dan sekarang.

Meditasi dan tidur adalah ying dan yang. Dalam tidur Anda tidak mengendalikan pikiran Anda, tetapi selama meditasi Anda sepenuhnya mengendalikan pikiran Anda. Kontrol ini akan datang pada waktunya, dan kemudian Anda akan mentransfernya dalam kehidupan sehari-hari Anda.

BACA JUGA  Gaya Kepemimpinan, Hidup dan Belajar yang Berbeda

Manfaat apa yang dapat Anda harapkan dari meditasi

Dalam jangka panjang, meditasi mengubah banyak kehidupan menjadi lebih baik, dalam arti bahwa banyak individu yang mempraktikkan teknik ini telah mengatasi ketakutan mereka dan fokus pada tujuan mereka. Bahkan Arnold Schwarzenegger dalam satu wawancara mengatakan bahwa berlatih meditasi selama satu tahun mengubah hidupnya.

Selain efek jangka panjang, meditasi adalah latihan yang sangat baik untuk mengurangi stres dan kecemasan. Latihan meditasi adalah cara yang bagus untuk “mengumpulkan pikiran Anda” dan selama sesi, Andalah yang mengendalikan pikiran Anda.

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here