Jika Anda bergumul dengan meditasi, ada kemungkinan nasihat ini akan membantu Anda. Saya bukan penjudi tapi saya akan menaruh uang untuk itu. Itu adalah sesuatu yang dialami setiap meditator dan, bagi banyak dari mereka, ini adalah pengalaman terakhir mereka.

Meditasi itu seperti apa pun: beberapa hari lebih mudah daripada yang lain. Tentu, beberapa dari Anda alami. Dan, ya, jika Anda berlatih, itu menjadi lebih mudah. Tapi tidak peduli berapa banyak pengalaman yang Anda miliki, ada hari-hari di mana pikiran Anda berputar dan Anda tidak bisa melepaskannya.

Ini sulit. Saya tahu betapa buruknya – berkat kepribadian obsesif saya, saya mungkin kurang cocok untuk meditasi. Itu adalah sesuatu yang harus saya jinakkan, salurkan, dan atasi.

Ini adalah kabar baik untuk Anda.

Sebagian karena obsesi saya dengan menulis adalah mengapa Anda membaca kata-kata ini di tempat pertama.

Dan juga karena saya tahu bagaimana menyelesaikan pikiran Anda, bahkan ketika mereka tidak mau bekerja sama.

Ini proses yang cukup sederhana. Itu tidak mudah, tetapi itu pasti sederhana.

Untuk melepaskan pikiran, emosi, atau apa pun yang berputar-putar di kepala Anda, maka Anda perlu memulai dengan ini:

Berhenti menilai diri sendiri.

Sekarang, ini adalah tantangan di saat terbaik. Menyadari bahwa pikiran Anda berpacu adalah sebuah penilaian. Untuk menenangkan pikiran Anda, saya sarankan untuk berlatih seni memperhatikan tanpa menilai.

Ini pasif tetapi jangan biarkan hal itu membodohi Anda. Ini lebih sulit dan lebih bernuansa daripada melakukan apa pun.

Lihat pemikiran Anda. Bernapaslah melalui mereka. Ketahuilah bahwa apa pun yang mereka lakukan itu baik, benar, dan pantas. Terima mereka apa adanya.

Dan jika sikap penerimaan Anda tidak sempurna, terimalah itu juga. Inilah tantangannya – untuk menghindari menilai pikiran Anda, kemudian hindari menilai penilaian Anda.

Strategi lain adalah membawa kesadaran Anda ke saat ini. Ini mungkin akan mempermudah Anda untuk menerima pemikiran Anda, atau menerima pemikiran Anda mungkin akan mempermudah hal ini.

Pikiran Anda tidak pernah berpacu dengan momen saat ini. Anda terpaku pada memori atau proyeksi ke masa depan. Imajinasi dan ingatan sama-sama menggoda, dan meditasi adalah seni melepaskan.

Anda bernapas pada saat ini, jadi fokuslah pada hal itu. Anda juga mengalami tubuh Anda saat ini. Bawa kesadaran Anda pada apa pun yang menjadi dasar Anda sekarang.

Strategi terakhir adalah memberinya waktu. Pikiran Anda mungkin tidak akan segera diselesaikan. Berlatih non-menghakimi dan kesadaran saat ini, dan pikiran Anda akan sedikit tenang. Ini adalah kemajuan yang patut diakui. Pertahankan dan Anda akhirnya akan melepaskannya.

Seperti yang saya katakan, keterampilan ini tidak mudah. Anda bisa menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk benar-benar menguasainya. Untungnya, setiap perbaikan dalam hasil ini membuahkan hasil. Selama Anda terus melatih diri sendiri, Anda akan tumbuh lebih kuat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here